JENIS-JENIS SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)
dulu waktu sma saya tau-nya software hanya ada 4 yaitu:
· Software System (Sistem Operasi)
· Sofware Bahasa (Bahasa Pemrograman)
· Software Application (Program Apliaksi)
· Software Utility (Program Bantu)
Tapi berbeda saat ada dibangku kuliah, jenis software hanya dibagi menjadi 2 yaitu :
Jenis Software berdasarkan Fungsi-nya:
1. Perangkat lunak Sistem
Perangkat lunak yang kegunaannya lebih banyak ditujukan untuk operasional komputer:
· Sistem operasi (Windows, linux, MacOS,dll)
· Penerjemah bahasa pemrograman (compiler/interpreter). (C, Java, C++, C# compiler dll)
2. Perangkat lunak Aplikasi
Perangkat lunak yang kegunaannya lebih banyak ditujukan untuk membantu menyelesaikan masalalah-masalah yang dihadapi oleh pemakai.
· Program paket yang sudah jadi (word, exel, photoshop dll)
· Program aplikasi buatan sendiri
Jenis Software berdasarkan Aplikasi-nya:
1. Perangkat Lunak Sistem (Sistem Software)
Sekumpulan program yang ditulis untuk kepentingan program lain
contoh : editor, driver dan lain-lain
2. Perangkat Lunak Waktu Nyata (Real Time Software)
Suatu perangkat lunak yang berfungsi mengendalikan, memonitor atau menganalisis kejadian (event) yang terjadi pada keadaan nyata (seketika).
3. Perangkat Lunak Bisnis (Business Software)
Perangkat lunak yang memberikan fasilitas operasi untuk bisnis atau fasilitas pengambilan keputusan manajemen.
contoh : sistem akuntansi, inventory, payroll dan lain-lain.
4. Perangat Lunak Rekayasa dan Sains (Engineering and Scientific Software)
Perangkat lunak yang digunakan di dalam bidang aplikasi teknik dan kerekayasaan. Perangkat lunak jenis ini biasanya berhubungan dengan komputasi data numerik, CAD (Computer Aided Design), simulasi sistem, dan lain-lain.
contoh : AutoCAD
5. Embedded Perangkat lunak yang ditanam pada suatu chip (EEPROM).
Perangkat lunak ini terintegrasi dengan perangkat keras dan berfungsi mengatur kinerja dari perangkat keras tersebut.
contoh : microwave oven, telpon genggam, pengaturan avionik pesawat udara, dan lain-lain.
6. Perangkat Lunak Komputer Pribadi (Personal Computer Software)
Banyak digunakan pada aplikasi yang bersifat perorangan
contoh : pengolah kata, spreadsheet, game, DBMS dan lain-lain.
7. Perangkat Lunak Intelegensia Buatan (Artificial Intelligent Software)
Dibuat dengan menggunakan teknik algoritma non-numerik untuk memecahkan masalah yang kompleks, digunakan dalam bidang aplikasi kecerdasan buatan
contoh : game, expert sistem, neural network, dan lain-lain
Tambahan : Sebuah Software pasti memiliki copyrights atau hak pakai atau bahasa sederhana-nya adalah hak cipta/hak paten sebagai syarat bagi pengguna untuk memakai sebuah software. Berdasarkan cara mendapatkannya dan hak pemakaian, software dapat digolongkan:
1.Shareware => Berbayar dan tanpa kode sumber
2.Freeware => Tidak berbayar (gratis) dan tanpa kode sumber
3.Free dan Open Source Software => Tidak berbayar dan disertai kode sumber
Referensi
1.Roger S. Pressman, Software Engineering, A Beginner’s Guide, McGraw Hill, 1998.
2.Roger S. Pressman, Software Engineering, A PRACTITIONER’S APPROACH, McGraw Hill, 2001.
3.Al Bahra Bin Ladjamudin, Rekayasa Perangkat lunak, Graha Ilmu, 2006.
dulu waktu sma saya tau-nya software hanya ada 4 yaitu:
· Software System (Sistem Operasi)
· Sofware Bahasa (Bahasa Pemrograman)
· Software Application (Program Apliaksi)
· Software Utility (Program Bantu)
Tapi berbeda saat ada dibangku kuliah, jenis software hanya dibagi menjadi 2 yaitu :
Jenis Software berdasarkan Fungsi-nya:
1. Perangkat lunak Sistem
Perangkat lunak yang kegunaannya lebih banyak ditujukan untuk operasional komputer:
· Sistem operasi (Windows, linux, MacOS,dll)
· Penerjemah bahasa pemrograman (compiler/interpreter). (C, Java, C++, C# compiler dll)
2. Perangkat lunak Aplikasi
Perangkat lunak yang kegunaannya lebih banyak ditujukan untuk membantu menyelesaikan masalalah-masalah yang dihadapi oleh pemakai.
· Program paket yang sudah jadi (word, exel, photoshop dll)
· Program aplikasi buatan sendiri
Jenis Software berdasarkan Aplikasi-nya:
1. Perangkat Lunak Sistem (Sistem Software)
Sekumpulan program yang ditulis untuk kepentingan program lain
contoh : editor, driver dan lain-lain
2. Perangkat Lunak Waktu Nyata (Real Time Software)
Suatu perangkat lunak yang berfungsi mengendalikan, memonitor atau menganalisis kejadian (event) yang terjadi pada keadaan nyata (seketika).
3. Perangkat Lunak Bisnis (Business Software)
Perangkat lunak yang memberikan fasilitas operasi untuk bisnis atau fasilitas pengambilan keputusan manajemen.
contoh : sistem akuntansi, inventory, payroll dan lain-lain.
4. Perangat Lunak Rekayasa dan Sains (Engineering and Scientific Software)
Perangkat lunak yang digunakan di dalam bidang aplikasi teknik dan kerekayasaan. Perangkat lunak jenis ini biasanya berhubungan dengan komputasi data numerik, CAD (Computer Aided Design), simulasi sistem, dan lain-lain.
contoh : AutoCAD
5. Embedded Perangkat lunak yang ditanam pada suatu chip (EEPROM).
Perangkat lunak ini terintegrasi dengan perangkat keras dan berfungsi mengatur kinerja dari perangkat keras tersebut.
contoh : microwave oven, telpon genggam, pengaturan avionik pesawat udara, dan lain-lain.
6. Perangkat Lunak Komputer Pribadi (Personal Computer Software)
Banyak digunakan pada aplikasi yang bersifat perorangan
contoh : pengolah kata, spreadsheet, game, DBMS dan lain-lain.
7. Perangkat Lunak Intelegensia Buatan (Artificial Intelligent Software)
Dibuat dengan menggunakan teknik algoritma non-numerik untuk memecahkan masalah yang kompleks, digunakan dalam bidang aplikasi kecerdasan buatan
contoh : game, expert sistem, neural network, dan lain-lain
Tambahan : Sebuah Software pasti memiliki copyrights atau hak pakai atau bahasa sederhana-nya adalah hak cipta/hak paten sebagai syarat bagi pengguna untuk memakai sebuah software. Berdasarkan cara mendapatkannya dan hak pemakaian, software dapat digolongkan:
1.Shareware => Berbayar dan tanpa kode sumber
2.Freeware => Tidak berbayar (gratis) dan tanpa kode sumber
3.Free dan Open Source Software => Tidak berbayar dan disertai kode sumber
Referensi
1.Roger S. Pressman, Software Engineering, A Beginner’s Guide, McGraw Hill, 1998.
2.Roger S. Pressman, Software Engineering, A PRACTITIONER’S APPROACH, McGraw Hill, 2001.
3.Al Bahra Bin Ladjamudin, Rekayasa Perangkat lunak, Graha Ilmu, 2006.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar